SEPEKTRUM WARNA
A.
Tujuan
Pembuatan Alat Peraga
Pembutan alat peraga IPA Sekolah Dasar “Sepektrum Warna” dengan
tujuan adalah sebagai berikut :
1.
Untuk
memenuhi kompetensi dasar dan indikator pembelajaran IPA yaitu sifat- sifat cahaya
2.
Untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam
pelajaran IPA
3.
Menerapkan
pendidikan karakter pada peserta didik, seperti:
kerjasama, kerja keras, mandiri, tanggung jawab, rasa ingin tahu, menghargai prestasi
B.
Manfaat Alat Peraga
Manfaat pembuatan
alat peraga IPA Sekolah Dasar “ Sepektrum Warna”
1.
Bagi Pendidik
a. Untuk
meningkatkan profesionalisme sebagai
seorang pendidik,
b. Untuk
mengembangkan kreatifitas guru selama kegiatan pembelajaran berlangsung,
2.
Bagi Siswa:
a. Peserta didik menjadi
lebih kreatif dan inovatif,
b. Peserta didik dapat menunjukkan
bahwa cahaya putih matahari
merupakan kumpulan warna-warna
yang disebut spektrum
B. Rancangan atau Desain Pembuatan
Cakram
warna ini kita buat dari karton putih dan kertas warna yang merupakan warna
spektrum cahaya. Apabila cakram ini di putar dengan menarik tali yang ada di
bagian tengahnya maka kita dapat melihat perpaduan warna spektrum tersebut akan
menjadi satu warna saja, yaitu putih.
C. Teknik Pembuatan
Alat
dan bahan
1)
Karton berwarna putih
2)
Kertas warna (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu)
3)
Jangka
4)
Pensil
5)
Lem kertas
6)
Gunting
7)
Benang kasur
8)
Jarum
9)
Penggaris
Cara
membuat
1.
Buatlah lingkaran pada karton putih dengan jari-jari 10 cm!
2.
Bagilah lingkaran tersebut dengan 7 bagian yang sama besar!
3.
Tempelkan masing-masing bagian sesuai dengan warna spektrum cahaya secara
berturut-turut dengan menggunakan kertas warna!
4.
Buatlah 2 buah lubang yang jaraknya 1 cm sebelah kanan dari titik pusat lingkaran
dan 1 cm sebelah kiri dari titik pusat!
5.
Guntinglah lingkaran tersebut!
6.
Masukan benang kasur melewai dua lubang tersebut!
E. Penggunaan Alat Peraga Sepektrum Warna di SD
Negeri 1 Brecek
Alat Peraga Sepektrum Warna digunakan untuk menunjukkan
bahwa cahaya putih matahari merupakan kumpulan warna-warna yang disebut
spektrum yang digunakan dengan cara
siswa memutarkan cakram warna tersebut dengan cara menarik dan
mengendurkan tali, kemudian siswa mengamati warna cakram ketika sedang
berputar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar