Rabu, 14 Desember 2016

Video Pembelaljaran Gaya Gravitasi

GAYA GRAVITASI


Gaya Gravitasi disebut juga gaya tarik bumi. Gaya gravitasi bumi adalah gaya yang menarik benda-benda untuk jatuh ke permukaan bumi. Gaya gravitasi bumi ditemukan oleh Issac Newton.

Gaya gravitasi bumi dapat menimbulkan energi gerak. Kecepatan gerak benda-benda yang jatuh ke bumi tidak selalu sama. Faktor yang mempengaruhi kecepatan jatuh sebuah benda ke bumi adalah gaya penghambat/gaya gesek (gesekan antara benda yang jatuh dengan  udara). Hal ini bisa diamati dengan tindakan menjatuhkan selembar kertas dan bulatan kertas (lembaran kertas yang telah diremas) secara bersamaan. Bulatan kertas mencapai tanah terlebih dahulu dari pada lembaran kertas. Ini dikarenakan lembaran kertas  memiliki permukaan yang luas sehingga kertas tertahan oleh udara ketika jatuh. Gaya gesek bersifat menahan gerak benda sehingga gerak jatuh benda lebih lambat.

Gerak benda karena gaya gravitasi tidak dipengaruhi oleh berat, dan ukuran benda. Ke kuatan gaya gravitasi bumi terhadap benda tergantung pada jarak benda dari pusat bumi. Semakin jauh letak benda dari pusat bumi, maka gaya gravitasinya semakin kecil.

Dengan  adanya gaya gravitasi bumi, kita dapat tetap di permukaan bumi, dapat berjalan di atas tanah, benda-benda dan makhluk yang ada di bumi tidak melayang-layang di udara atau tidak terlempar ke angkasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar